Pengertian Karya ilmiah Menurut Para Ahli

Beberapa tipe karya ilmiah, diantara lain adalah laporan penelitian, seminar alias makalah simposium, serta postingan jurnal yang pada dasarnya semua itu adalah produk dari kegiatan ilmuwan. Data, kesimpulan serta informasilainnya yang terkandung dalam karya ilmiah bakal berkegunaaan sebagai referensi bagi para ilmuwan lain untuk meperbuat penelitian alias studi lebih lanjut.


Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah yang ditulis serta diterbitkan laporan yang menyaapabilan hasil penelitian alias studi yang sudah diperbuat oleh seorang individu alias tim untuk memenuhi aturan serta etika ilmu dikonfirmasi serta dipatuhi oleh komunitas ilmiah. 

Di perguruan tinggi, terutama S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah semacam makalah, laporan laboratorium, serta tesis (tesis). Tesis umumnya adalah laporan penelitian berskala kecil, namun diperbuat lumayan mendalam. Sementara itu cara membuat daftar isi otomatis, kertas ditugaskan untuk siswa pada kesimpulan serta berpikir ilmiah siswa berdasarkan penelaahan karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar di bidang persoalan yang sedang dipelajari. Penyusunan laporan praktis ditugaskan terhadap siswa sebagai wahana untuk mengembangkan performa untuk menyusun laporan penelitian.

Tujuan Karya Ilmiah
  • Sebagai wahana untuk melatih ide tersurat alias hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis serta metodologis.
  • Makalah ilmiah sudah ditulis diinginkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah serta masyarakat.
  • Foster etos ilmiah di kalangan mahasiswa, jadi tak hanya konsumen pengetahuan, namun juga sanggup menjadi produsen (produsen) berpikir serta menulis di bidang ilmu pengetahuan.
  • Membuktikan pengetahuan serta potensi ilmiah yang dimiliki oleh siswa dalam menghadapi serta memecahkan persoalan dalam bentuk karya ilmiah yang bersangkutan seusai mendapat pengetahuan.
  • Melatih keterampilan dasar untuk meperbuat penelitian.
Kegunaaan Karya Ilmiah
  • Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang manjur;
  • Melatih untuk menggabungkan hasil wacana dari beberapa sumber;
  • Mengetahuikan dengan kegiatan kepustakaan;
  • Menambah pengorganisasian fakta/data dengan cara jelas serta sistematis;
  • Mendapatkan kepuasan intelektual;
  • Membutuhas cakrawala ilmu pengetahuan;
  • Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

Menurut Eko Susilo, M.- Postingan yang diperoleh sesuai dengan sifat ilmiah serta didasarkan pada observasi, evaluasi, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan bahasa bersantun serta isinya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya / keilmiahannya.

Menurut Yamilah serta Samsoerizal- Membahas bahwa keragaman karya ilmiah terdiri atasbeberapa tipe berdasarkan kegunaaan. Menurut kelompok, beberapa karya dikenal ilmiahsemacam; makalah, tesis serta disertasi.

Wahyu- Berbicara bahwa "sebuah esai ilmiah untuk berbicara apabila ia membawa keprihatinan dengan metode ilmiah".

Brotowidjoyo- Berbicara bahwa "monografi yang ditulis oleh ilmu pengetahuan yang menyaapabilan fakta serta ditulis menurut metodologi penulisan yang baik serta benar".

Dwiloka serta Riana- Karya ilmiah alias postingan ilmiah adalah karya seorang ilmuwan (dalam bentuk pembangunan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni yang diperoleh melewati literatur, koleksi pengalaman, penelitian.

Maryadi dalam Harun, dkk- Mendefinisikan karya ilmiah "kerja yang berisi serta mekualitas persoalan tertentu dengan memakai kaidah ilmu"

Menurut Munawar Syamsudin- Penulisan ilmiah adalah sebuah naskah  yang mengulas sebuahpersoalan tertentu, atas dasar konsepsi ilmiah tertentu, dengan memilih metode tertentu dari presentasi dengan cara keseluruhan, pada teratur serta konsisten.

Comments